Minggu, 07 Januari 2018

Begini Cara Menjawab Gaji Yang Benar Pada Saat Interview Kerja

Hai sobat jobseeker,  kali ini saya akan memberikan tips Bagaimana cara menjawab pertanyaan gaji yang benar saat interview kerja?

Analogi sederhananya begini:  
“ ketika kita datang ke minimarket dan ingin membeli suatu barang misalkan air mineral, air mineral yang akan kita beli tidak dilebeli harga produk, dan kita sebagai konsumen  ingin mengetahui berapa harga air mineral yang akan kita beli, tentu untuk mengetahui harganya kita bisa menanyakan langsung ke kasir, jika Sobat tanyakan kekasir harga produk yang akan sobat beli tentu kasir akan memberi tahu harga yang spesifik untuk produk tersebut”. 

Nah analogi ini bisa kita hubungkan dengan menjawab pertanyaan gaji pada saat interview kerja. Banyak dari sobat menjawab pertanyaan yang sederhana tersebut dengan jawaban yang mengambang, contoh jawaban mengambang tersebut misalnya “sesuai dengan kinerja saya atau sesuai dengan standar perusahaan”. Balik lagi ke analogi tadi ketika kita menanyakan harga produk yang kita beli misalkan air mineral  “mba, ini harga air mineralnya berapa”, lalu mba kasirnya menjawab “sesuai dengan kebijakan mas-nya aja deh” atau ”Sesuai dengan kinerja saya menurut mas seperti apa”. Nah kira-kira kita sebagai konsumen mau bayar berapa tuh air mineral?? Pasti kita sebagai konsumen akan di buat binggung dengan jawaban tersebut. 

Jadi analogi tersebut sebenarnya sama persis dengan apa yang sobat hadapi pada saat interview kerja.  Apabila sobat di tanya “berapa gaji yang  di inginkan?” lalu sobat menjawab “sesuai dengan standar perusahaan” atau “sesuai dengan kinerja saya”, nah hrd juga tidak punya jawaban spesifik sebetulnya berapa gaji yang ingin diberikan ke sobat, Namun beberapa hrd berpengalaman akan menawari gaji yang sangat-sangat rendah, karna jika sobat tidak mempunyai standar gaji sendiri otomatis hrd berhak  menggaji sobat di angka berapapun. 

Nah cara terbaik untuk menjawab gaji saat interview adalah sobat harus melakukan riset terlebih dahulu berapa gaji diposisi yang sobat lamar pada saat itu, karna perusahaan tentunya sudah mempunyai standar gaji di posisi-posisi tertentu dan sobat bisa mendapatkan informasi tersebut dari manapun seperti google atau bahkan rekan sobat yang pernah bekerja di posisi tersebut. Jadi salah satu cara  yang paling mudah untuk menjawab gaji adalah menjawab dengan angka spesifik yang sobat temukan dari hasil riset yang telah sobat lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PT Unilever Indonesia Tbk

PT.Unilever Didirikan di Indonesia sejak tahun 1933. Pada tahun 1982 perusahaan ini sahamnya sudah tercatat di bursa efek indonesia. Seluru...